Rabu, 31 Maret 2010

Banner sederhana

Pada saat kita mengunjungi suatu website atau blok, kita pasti pernah melihat banner iklan yang terpampang dihalaman website/blog tersebut, ada banyak banner dan variasi, mulai yang hanya merupakan tulisan, ada yang perpaduan gambar dan tulisan, tidak hanya itu ada yang berupa animasi, entah itu animasi yangsifatnya komplek atau sederhana. Disini saya akan mencoba mengulas cara membuat banner animasi sederhana, yah hasilnya bagi saya cukup lumayanlah untuk pemula, mari kita lihat ulasannya disini.


  1. Buka adobe photoshop
  2. Klik menu file,pilih new, width=400px, height=100px
  3. Pada toolbox klik foreground,jadikan warna hitam/dengan tekan huruf D.



  4. Kemudian tekan Alt + backspace untuk mewarnai background layer jadi warna hitam



  5. Pada kotak layer,klik creat new layer untuk membuat layer 1



  6. Kemudian tekan Alt + backspace untuk mewarnai layer jadi hitam
  7. Kembali klik foreground pada toolbox dan rubah jadi warna merah atau lainnya selain warna hitam, untuk membuat tulisan



  8. Ketik kata-kata yang mau ditampilkan disini saya menulis dollar gratis, dan langsung kita rubah ukuran fontnya kita sesuaikan dengan selera kita dengan cara tekan tombol Ctrl + T kemudian tari kedua ujung panah, geser-geser untuk memperbesar/ memperkecil ukuran



  9. Untuk membuat efek tulisan, klik kanan tulisan dollar gratis pada kotak layer, blending option, style, pilih style.



  10. Pada kotak layer klik kanan Tulisan dollar gratis, duplicate layer untuk duplikasi tulisan



  11. Geser tulisan hasil duplikasi dengan move tool pada toolbox kanan atas, klik tulisan dan geser kebawah.



  12. Untuk membuat cahaya disekitar tulisan,klik kanan pada tulisan dollar gratis pilih blending options, klik outer glow (Blend mode=screen, opacity=67,noisy=0,technique=softer, spread=3, size=92, range=50, filter=0 dan klik ok



  13. Langkah selanjutnya, pada menu klik edit,Transform, Flip vertical untuk membalik tulisan, fungsinya tulisan hasil duplikasi tadi akan kita gunakan sebagai bayangan.



  14. Untuk membuat tulisan bayangan, kita perlu menyamarkan tulisan hasil duplikasi yang akan kita buat bayangan, caranya sama dengan membuat efek kolase, yaitu klik add layer mask, Gradient tool, pilih foreground to transparant, sesuaikan opacity,kemudian pada obyek tulisan tarik dari bawah keatas untuk menyamarkan tulisan tersebut.



  15. Untuk tulisan $, kita klik kanan tulisan di kotak layer, blending option dan pilih style seperti proses efek tulisan dollar gratis.
  16. klik icon image ready pada tool box pojok kanan bawah.
  17. Akan muncul jendela animasi



  18. Pada dasarnya jendela yang muncul cuma satu pada gambar muncul dua karena saya sudah klik duplicate current frame yang berfungsi menambah jumlah jendela. Disini kita buat hanya dua jendela.
  19. Masih aktif pada Jendela dua, klik kanan , layer style, blending option, klik iner glow blend mode= screen,opacity 75, noisy=0, technique=softer, spread=0, size=136, range=100,filter=0, warna dibawah noise= maroon gelap.
  20. Untuk tulisan $, pada blending option, style klik outer glow blend mode=screen, opacity=75, noise=0, warna defaulttechnique= softer, spred=0, size=5, range=100, filter=0.
  21. Ubah settingan waktu menjadi 1 detik perubahan.
  22. Simpan dengan cara pilih menu, save optimized as, tulis nama file, ok.
  23. Kalau sudah benar prosesnya, maka hasilnya akan seperti ini



5 komentar:

Ardika Purbo Dumadi mengatakan...

Jangan sungkan-sungkan berceloteh disini Boz...!!!

arek11 mengatakan...

Manteb2 men.

ahmad rosidi aka eros mengatakan...

kalao saya sih gak mau ribet, karena hidup sudah ribet. untuk banner animasi sampai 10 slide saya biasa menggunakan Gickr.com simple dan hasil maksimal

Ardika Purbo Dumadi mengatakan...

Yaah, memang sekarang nih jamannya orang senneng yang instant-instant, klo saya seneng sesuatu yang ada prosesnya, dan banyak belajar berimajinasi, but thanks komennya Boooz...!

Bisnis mengatakan...

Apapun itu.....yg jelas mantab tutorialnya SOB..

Posting Komentar

Silahkan, beri tanggapan anda