Rabu, 07 April 2010

Mengapa membuat animasi dengan Image ready

Dimasa sekarang ini di akui atau tidak, semuanya menginginkan sesuatu yang serba instant, atau sesuatu yang gak ribet. Alasan seperti itu memang tidak bisa disalahkan dan banyak benarnya karena hidup sekarang ini sangat komplek ribet dan bikin mumet, maka dari itu, manusia sekarang maunya yang instan, mudah dan gak susah. Sayapun sebagai insan yang terbiasa dalam kesusahan, selalu berharap mendapatkan segala sesuatu dengan mudah murah, bermanfaat dan barokah, tapi realita dan kenyataan di luar sana untuk bisa mendapatkan segala sesuatu kita harus berusaha setahap demi setahap, telaten, tekun dan sabar, itupun belum tentu berhasil.
Contohnya ya saya ini...!!!ha...haaa...haaa. Maka dari itu untuk mencapai sesuatu alangkah lebih baiknya kita mengetahui proses dari awal sehingga sesuatu itu menjadi indah pada waktunya,...@@##, kayak lagu aja...!.Dengan mengetahui prosesnya kita akan tahu rasanya berusaha susah payah,gagal,jatuh, terpuruk dan terkutuk...!.Tapi dengan itu semua hidup kita akan semakin tertempa dan menjadi semakin berwarna,dengan banyaknya jalan solusi yang kita coba untuk membuat segala sesuatu yang kita impikan tercapai. Memang banyak jalan menuju Roma, dan tentunya itu perlu biaya, ya iyyyaaa laaaah...! namanya juga keluar negeri..! artinya banyak jalan instan untuk mencapai segala sesuatu yang kita inginkan tentunya dengan segala kelebihan dan kekurangannya. kelebihan dari sesuatu yang instan adalah kita bisa mendapat sesuatu tanpa harus mumet-mumet ribet-ribet sampai kebulet, dan bahkan mungkin gratis. Kekurangannya adalah kita tidak bisa merasakan proses susah payah, dari daya kreasi, imajinasi dari angan-angan kita. Karena dengan daya imajinasi , kreasi yang kita torehkan susah payah maka kemampuan kita bisa dimaksimalkan.
Sesorang yang mendapatkan sesuatu dengan jatuh bangun,jatuh dan bangun lagi atau bahkan bangun dalam kurun waktu lama, artinya dengan penuh ketlatenan dia membangun kepercayaan dirinya untuk selalu bangkit dalam setiap keterpurukan, maka dialah juara dalam hidupnya sendiri, dia akan menjadi manusia yang tangguh dan tidak gampang menyerah dalam setiap kegagaln yang dia dapati. Seperti itulah filosofi saya, mengapa saya membuat animasi yang ribet, mumet terlau bertele-tele dan mungkin susah di pelajari, sehingga orang malas datang ke blog saya. Tapi bagi saya membuat animasi dengan adobe image ready adalah tantangan tersendiri, memerlukan imajinasi dan daya kreasi, meskipun saya pada dasarnya bukanlah orang yang mahir dalam bidang seni menggambar, awam bahkan , tapi setidaknya dengan membuat sketsa, gambar, ataupun yang lainnya merupakan pewakilan jiwa saya, susah memang tetapi ketika melihat hasilnya, setelah kita bersusah payah, puaaas banget rasanya itulah hasil dari suatu proses, mungkin bagi kebanyakan orang ribet dan ruet, tetapi bagi saya, ya memang ribet dan ruet,setidaknya apa yang ada dalam imajinasi saya bisa tersampaikan melalui gambar-gambar yang ingin saya jadikan animasi dengan Adobe Image ready.
Mungkin waktu kecil di sd dulu kita pernah, menggambar orang kecil menendang bola yang kita tempatkan dihalaman buku paling bawah, kita buat dibeberapa halaman dengan proses gambar awal halaman kita gambar kaki masih posisi menapak tanah, halaman berikutnya kaki agak keatas digambar terangkat keatas, dan begitu seterusnya. Kita bisa melihat efeknya dengan cara membuka halaman dengan cepat sehingga seolah-olah gambar itu menunjukkan sesorang menendang bola. demikian itulah sebuah proses yang kelihatannya sederhana, tapi efeknya nyata. Itulah Adobe image ready sederhana tapi setidaknya memancing daya imajinasi dan kretifitas kita dalam membuat animasi sederhana dan berefek nyata, seperti contoh Header Blog saya diatas, merupakan perpaduan gambar photoshop + image ready dan Saya puas karena telah menuangkan imajinasi dan angan-angan di kepala saya. Bagaimana dengan anda...!!!
 

3 komentar:

Ardika Purbo Dumadi mengatakan...

Jangan sungkan BOZ!!!

jeprie mengatakan...

Saat ini Image Ready sudah tidak dikembangkan lagi. Sejak CS3 sudah tidak ada lagi, fitur animasi sudah gabung semua ke Photoshop.

Ardika Purbo Dumadi mengatakan...

Waaah, jadi lebih simpel lagi ya, soalnya saya masih pake versi yang lama, adobe img rdy 8 boz..!

Posting Komentar

Silahkan, beri tanggapan anda